Tuesday, April 13, 2010

Unsur 5W+1H dalam Berita

Mungkin postingan kali ini agak berbeda dari biasanya soalnya saya baru membahas tentang materi kuliah yang sedang saya pelajari , ini mengenai unsur 5W+1H dalam suatu berita,Untuk mengetahui dengan tepat apa yang hendak disampaikan atau disiarkan dalam bentuk berita, seorang jurnalis harus mampu menjawab enam buah pertanyaan pokok (unsur berita) terlebih dahulu yaitu :

What (Peristiwa apa yang terjadi)
Pertanyaan apa, tidak selalu menggambarkan akibat dari sesuatu tindakan. Adakalanya pertanyaan what merupakan penyebab dari suatu kejadian. What adalah apa yang akan kita tulis. Tema apa yang ingin kita ungkapkan.What yang kita tentukan ini akan menjadi dasar untuk 4W lainnya.

Who (Siapa yang terlibat)
Pertanyaan siapa jawabannya biasanya adalah manusia. Unsur siapa selalu menarik perhatian pembaca, apalagi manusia yang menjadi objek berita itu adalah seorang yang aktif di bidangnya. Who harus menjadi bagian yang berkaitan dengan What. Kalau kita ketemu Who yang tidak dikenal target pembaca kita, maka kita harus mengupasnya dengan baik sehingga jelas keterkaitannya dengan What.

When (Kapan terjadi)

Unsur waktu yang merupakan jawaban atas pertanyaan kapan terjadi, harus diingat dengan baik oleh jurnalis. Unsur waktu akan mempunyai nilai penting jika bertepatan dengan waktu yang sudah menjadi milik umum. Ini yang sering diabaikan oleh banyak penulis. Kapan kejadiannya akan memberi tambahan informasi dan imajinasi pembacanya.

Where (Dimana kejadiannya)
Pertanyaan dimana harus menjelaskan dengan tepat tempat suatu kejadian atau peristiwa berlangsung. Nama tempat harus digambarkan jelas yakni dengan menggambarkan ciri-cirinya. Nama tempat ini perlu dijelaskan, sebab kasus yang sama bisa pula terjadi di tempat lain. Meski kelihatannya sepele, tempat kejadian ini punya makna.

Why (Mengapa terjadi)
Pertanyaan mengapa, harus menjelaskan latar belakang suatu peristiwa/kejadian yang dijadikan objek berita oleh jurnalis.

How (Bagaimana kejadiannya)
Pertanyaan Bagaimana harus menggambarkan keadaan atau proses dan suasana atas sebuah peristiwa yang terjadi. Fakta-fakta yang terkait dengan proses terjadinya sesuatu itu harus dicatat dengan sebaik-baiknya oleh jurnalis.

Bagaimana menurut anda???
Silahkan tinggalkan komentar.