Thursday, June 17, 2010

Bikin Screenshots Web/Blog



Bagi sobat blogger yang belum tahu apa itu screenshots, definisinya kurang lebih yaitu gambar layar Komputer yang dijadikan image, diambil dengan tombol Printscreen atau software khusus.

Mengambil screenshots dari sebuah situs web atau blog merupakan hal yang sering dilakukan di dunia blogging dan internet pada umumnya; baik untuk melengkapi gambar dari sebuah review web/blog, mengirim artikel tentang sebuah web ke suratkabar, majalah dan tabloid atau untuk keperluan lainnya.

Caranya bukan melalui software yang ribet seperti photoshop ataupun lainnya melainkan menggunakan cara online lebih tepatnya yaitu lewat Add-ons Firefox (soalnya saya juga memakainya ) karena lebih gampang serta tidak ribet hanya membutuhkan koneksi internet saja.

Berikut Add-ons Firefox yang dapat digunakan :

1. Abduction! 2.019
untuk menggunakannya Anda tinggal menginstal addon firefox “Abduction! 2.019″ restart lalu buka alamat web atau blog yang akan diambil screenshotnya lalu klik kanan atau klik File pada menu browser dan Save Page as Image simpan pada hard drive komputer Anda jadilah sebuah screenshot. Namun sayang hanya support untuk Firefox 3.5 - 3.6b1pre.

2. Pearl Crescent Page Saver
Pearl merupakan bagian dari extension firefox untuk menyimpan screenshot dari sebuah halaman web dalam bentuk jpg atau png. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

3. Picnik for Firefox
Merupakan plugin firefox lainnya untuk pengambilan screenshot, hanya saja picnic memiliki keunikan tersendiri yaitu dilengkapi dengan editor gambar secara online. Untuk menggunakannya Anda cukup menginstal, restart dan buka web/blog yang akan diambil screenshotnya klik kanan atau klik Tools pada browser firefox lalu send page to picnic pilih visible page atau full page, tunggu beberapa saat Anda akan dihubungkan pada halaman dimana Anda bisa mengedit screenshot secara online.

4. Screengrab 0.93
Demikian halnya dengan screengrab ini yang merupakan bagian dari plugin firefox dan memungkinkan Anda untuk menyimpan screenshot web/blog terbuka, seluruh halaman, pilihan atau bingkai tertentu.

Saya sendiri menggunakan Add-ons yang terakhir karena lebih mudah pengoperasiannya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda dan jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya disini.