Thursday, June 3, 2010

Mengukur Berat dan Loading Blog


Kita tentu ingin blog kita ramai dikunjungi orang agar Traffic kita juga meningkat sehingga akan membuat kita lebih bersemangat dalam ngeblog. Tetapi apakah sobat blogger tahu disamping harus mempunyai desain yang bagus serta isi/konten yang menarik,salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah waktu loading yang cepat.

Kecepatan loading blog, sangat mempengaruhi pengunjung untuk selalu datang ke blog kita, bola loadingnya mengecewakan jangan harap pengunjung mau datang untuk kedua kalinya. Seperti kita ketahui, kecepatan koneksi internet berbeda-beda, nah jika ada pengunjung yang menggunakan koneksi lambat, tentu akan malas mengunjungi blog kita jika loadingnya saja memakan waktu bermenit-menit. Belum blognya terbuka,…wush mereka sudah kabur duluan.

Menurut para ahli di dunia "perbloggingan" batas normal suatu blog adalah 100 kb (Blog ini pun sebenarnya diatas batas normal karena berukuran sekitar 116,83 kb ). Dan untuk mengetahui ataupun mengukur kecepatan blog kita, dapat dilakukan dengan cara mengunjungi beberapa layanan pengukur kecepatan loading blog berikut ini.

1. iwebtool speedtest : Kita tinggal memasukkan URL blog maka akan tahu berapa ukuran blog kita serta lama loading blog kita.

2. Pingdom:
Hasilnya lebih akurat, karena nanti akan ditampilkan lama loading setiap elemen di dalam blog kita, serta mengetahui jumlah elemen yang terpasang di dalam blog misal CSS, Image, Script, dll.

3. Stopwatch:
Mengukur waktu loading blog / time seperti mengukur waktu dengan stopwacth.

4. WebsiteOptimization.com :
Hasilnya akan lebih akurat dan bisa dijadikan sebagai bahan Optimalisasi blog kita, karena di dalamnya ditampilkan analisa mengenai blog kita sehingga mungkin dapat kita jadikan acuan dan motivasi untuk lebih baik kedepannya.

Apabila sobat telah mencobanya dan ternyata blog sobat masuk ke dalam blog di atas batas normal maka saya ada beberapa tips yaitu :

- Hapus widget yang tidak penting dan tidak perlu.

- Jangan menampilkan terlalu banyak gambar.

- Usahakan halaman depan/Home tidak terlalu banyak menampilkan jumlah postingan.


Semoga tips ini dapat sedikit membantu anda.