Saturday, July 10, 2010

Uniknya Final Piala Dunia 2010



Sungguh menarik dan unik final piala dunia 2010 antara Belanda vs Spanyol yang akan berlangsung pada tanggal 12 Juli 2010 Pukul 01.30 WIB, menarik karena piala dunia kali ini akan memunculkan negara baru sebagai juaranya sejak piala dunia pertama kali digelar pada tahun 1930. Pertandingan ini juga merupakan persaingan antara kedua pemain yang ingin berburu sepatu emas yaitu Sneijder (Belanda) dan David Villa (Spanyol).

Selain itu ada hal unik dari beberapa pemain timnas Belanda yaitu Giovanni Van Bronckhorst yang merupakan pemain keturunan Indonesia, Giovanni Christiaan van Bronckhorst (biasa dipanggil "Gio" lahir di Rotterdam, Belanda, 5 Mei 1975). Sejak tahun 2003 ia bermain di Feyenoord Rotterdam di Eredivisie. Ia biasanya berposisi sebagai pemain tengah atau pemain bertahan.

Ia memperkuat Belanda pada berbagai turnamen internasional sejak Piala Dunia FIFA 1998 hingga Piala Dunia 2010. Pada timnas yang terakhir ini ia dipercaya sebagai kapten.



Giovanni Van Bronckhorst

Bronckhorst adalah salah satu dari beberapa pemain Belanda dalam tim nasional Belanda yang berketurunan Indonesia. Ayah Bronckhorst adalah seorang Indo (keturunan Belanda-Indonesia) sementara ibunya berasal dari Saparua, Maluku. Satu hal yang unik, walaupun Gio lahir dan sudah lama menetap di Belanda, ia masih bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia Timur yang kental dan khas, walaupun ia tidak benar-benar menguasai seluruh kosakata yang ada dalam Bahasa Indonesia. Ia mengaku mendapat kemampuan itu dari ibunya yang asli Maluku.

Bukan hanya Gio saja yang merupakan keturunan Indonesia, seperti Robin Van Persie yang jadi andalan di lini depan Belanda konon memiliki darah Indonesia dari sang nenek.


Robin Van Persie

Sementara De jong yang merupakan pemain bertahan Belanda disebut-sebut keturunan Belanda-Maluku-Suriname.


Nigel De Jong

Sebenarnya masih banyak pemain Belanda yang keturunan Indonesia selain ketiga pemain tersebut. Walaupun banyak pemain Belanda keturunan Indonesia tetapi di Final saya lebih menjagokan Spanyol bukan karena saya tidak nasionalisme hanya saja, saya memang suka akan permainan serta kerja sama antar pemain yang kompak di timnas Spanyol. Bagaimana dengan anda???

Dikutip dari berbagai sumber.