Tuesday, December 7, 2010

Tips Uninstall Program Standar Microsoft Dengan Mudah



Jika Anda adalah pengguna setia sistem operasi Windows, pastilah Anda mengenal program-program seperti Internet Explorer, Outlook Express, atau Media Player yang senantiasa hadir di tiap generasi Windows. Kehadiran program-program tersebut bukan tanpa masalah. Banyak vendor dan pengguna yang tidak senang dengan kehadiran aplikasi-aplikasi standar tersebut. Ditambah lagi, Microsoft tidak menyediakan opsi untuk meng-uninstall-nya. Vendor yang kerap kali protes tentu saja adalah vendor-vendor penghasil aplikasi browser Web, program e-mail, media player, dan program Instant Messenger.




Selain itu, pengguna yang terbiasa menggunakan aplikasi non-Microsoft juga sering merasa terganggu. Kehadiran software standar Windows tersebut dianggap sebagai satu bentuk monopoli. Sebagai solusi permasalahan di atas, PCplus pernah memberikan trik bagaimana cara menyingkirkan program-program standar tersebut. Saat ini, cara yang lebih mudah dapat dilakukan berkat hadirnya Service Pack 1 dan 2 untuk Windows XP. Maka dari itu, pastikan Anda telah menginstal salah satu versi Service Pack sebelum mencoba trik berikut.

1. Jalankan Add/Remove Programs melalui Control Panel dengan cara mengklik [Start]>[Control Panel]>[Add or Remove Programs].

2. Klik tombol [Set Program Access and Defaults] yang terdapat di sisi kiri window. Cara lain yang dapat dilakukan adalah melalui menu [Start]>[All Programs]>[Set Program Access and Defaults] jika Anda menggunakan SP1, atau dapat diakses langsung melalui [Start]>[Set Program Access and Defaults] jika Anda menginstall SP2.

3. Di sebelah kanan window akan muncul tiga menu: [Microsoft Windows], [Non- Microsoft], dan [Custom]. Klik panah bawah yang terdapat di sebelah kanan menu [Custom].

4. Anda akan mendapati lima aplikasi yang secara default terinstal di Windows terdaftar di sana. Kelima aplikasi tersebut adalah Internet Explorer, Outlook Express, Windows Media Player, Windows Messenger dan Microsoft Virtual Machine. Hilangkan tanda centang [Enable access to this program] yang terdapat di sisi kanan masingmasing program. Misalkan Anda ingin menguninstall Windows Media Player, hilangkan tanda centang [Enable access to this program] yang terdapat di sebelah kanannya.

5. Akhiri dengan mengklik [OK]. Sesaat kemudian, aplikasi pilihan Anda akan tersingkir dari Windows.

Dikutip dari http://www.alwankomputer.co.cc