Friday, February 11, 2011

Pindah Domain Dotcom


Beberapa hari yang lalu sempat kepikiran pindah domain akhirnya tepat hari ini tanggal 11 februari 2011, blog ini resmi pindah domain dengan nama www.id-yansoft.com. Awalnya sempat ragu karena dari informasi yang saya baca ketika pindah domain berarti blog kita seperti “bayi yang baru lahir” sebab akan kehilangan nilai page ranking dari Google, kehilangan Ranking alexa, Ranking Technoraty dan Ranking yang lain. Selain itu Kita juga harus mendaftar ulang ke Search Engine serta mengubah kembali link banner dengan alamat yang baru. Membayangkan saja saya bingung karena tahu sendiri bagaimana repotnya melakukan hal-hal tersebut dan yang paling membuat ragu karena susah payah saya bangun blog ini dari nol hingga mendapat PR 3 masak harus mulai lagi dari awal.

Akan tetapi berkat saran para master-master dalam dunia perbloggingan saya dengan modal nekat jadi pindah domain karena ternyata keuntungan yang akan saya dapatkan berlipat dan itu sebanding dengan hal yang saya lakukan seperti diatas. Keuntungan pindah domain antara lain :

1. terlihat lebih professional dan menarik.

2. tidak repot bayar hosting karena cukup hosting di blogger dan gratis, cukup beli domain saja. 

3. tidak bakal kehilangan pengunjung, karena blogger tetap akan mengarahkan (redirect) pengunjung ke alamat domain yang baru (Contoh : http://yanconx.blogspot.com ).

4. Pengunjung lebih tertarik & loyal karena tanda dari kita akan keseriusan dalam mengelola blog.

5.Tetap bisa menjalankan setting penuh terhadap blogger.

6. cukup aman dari serangan Spy, Phishing, FTP hack, Deface, SQL Inject, Google Hack.

Jadi ternyata pindah domain tidak "seseram" yang dipikirkan, untuk blog ini saya membeli domain dari idwebhost (maaf bukan promosi) dengan biaya Rp 90.047,- per tahun. Untuk cara setting domain di blogger akan saya ulas pada postingan mendatang dan bagi teman-teman yang berencana pindah domain semoga pengalaman saya ini dapat menjadi bahan pertimbangan anda.