Monday, March 21, 2011

Facebook Akuisisi Snaptu


Facebook melakukan langkah besar sebagai bagian dari strategi untuk mendominasi layanan mobile dengan mengakuisisi Snaptu. Nilai akuisisi diyakini hingga 70 juta dollar Amerika. Akuisisi ini diumumkan oleh Snaptu 20 Maret lalu melalui blog Snaptu.

Sejak 2007, Snaptu memiliki visi menyediakan layanan aplikasi gratis pada setiap perangkat telepon. Aplikasi Snaptu memberikan kemudahan mengakses akun Facebook. Ketika mengakses akun Facebook melalui Snaptu, pemakai dapat mengsinkronisasi kontak, lihat status terbaru teman dan melihat foto. Selain itu aplikasi Snaptu juga dapat mengakses akun Twitter, membaca informasi berita, melihat foto di Picasa dan tambahan aplikasi lain yang telah tersedia di Snapstore.

Facebook sudah memiliki lebih dari 200 juta pengguna mobile di seluruh smartphone dan fitur handset, dan telah secara bertahap menambahkan fitur ponsel ke layanan seperti check-in dan transaksi lokal.

Akuisisi ini adalah yang pertama di luar Amerika dan merupakan akuisisi keempat yang dilakukan Facebook tahun ini. Akuisisi lain yang dilakukan oleh Facebook adalah dengan startup kelompok mobile messaging, Beluga; startup iklan mobilehyperlocal, Rel8tion, dan layanan sosial perekrutan, Pursuit.

Menurut informasi yang disampaikan melalui blog Snaptu, pihak Snaptu mengatakan bahwa akuisisi ini adalah keputusan untuk bekerja sebagai bagian dari tim Facebook agar menawarkan kesempatan terbaik untuk menjaga dan mempercepat laju pengembangan produk Snaptu. Dan bergabung berarti Snaptu bisa membuat dampak yang lebih besar di dunia.

Sampai saat ini belum diketahui layanan terbaru apa akibat akuisisi ini dari Facebook untuk perangkat mobile.

Sumber www.chip.co.id