Sunday, March 27, 2011

Modus Baru Spam Facebook Lewat Chat


Beberapa hari yang lalu saya sempat online Facebook dan secara tiba-tiba teman saya mengajak chat, akan tetapi kali ini dia memakai bahasa inggris disertai sebuah link, kalau tidak salah begini tulisannya "cool!! hey lol check out this girl,she i cant believe this video ..... ( dilanjutkan dengan link situs yang dimaksud)". Pihak Facebook sendiri tengah menyelidiki skema spam baru tersebut yang mengakibatkan banyak pengguna mendapatkan pesan 'aneh' yang berujung dengan sebuah tautan berbahaya.

Bahaya dari spam ini setelah diklik mirip dengan phising, yaitu halaman yang seolah-olah mirip halaman login asli facebook padahal merupakan halaman buatan seseorang yang tidak bertanggung jawab dengan maksud ingin mendapatkan username serta password kita. spam juga akan menyebar secara otomatis ke beberapa teman lainnya.

Jadi jika anda menemukan aplikasi ini maupun sejenisnya di Facebook jangan langsung terburu-buru mengkliknya, tips sederhana adalah liat dahulu perizinannya dan jika perlu cari di google maupun yahoo kredibilitas developer aplikasi tersebut. Jika memang aplikasi tersebut mengganggu delete saja dengan cara masuk ke menu "setting privasi" pada menu akun.