Monday, May 9, 2011

Kecewa Tarif Internet Baru Smartfren



Terhitung tanggal 01 Mei 2011 kemarin, smartfren menaikkan harga untuk paket internetnya dan bisa dibilang sangat mengecewakan saya sebagai salah satu dari jutaan pelanggan setia smart yang telah menggunakan layanannya sejak 1 tahun belakangan ini, saya berlangganan ketika belum bergabung menjadi satu menjadi smartfren. Bisa dibilang tarif baru ini agak ribet serta membingungkan, dan yang membuat saya paling kecewa untuk paket data unlimited tinggal 2 opsi(90 rb & 45rb), berbeda dengan paket terdahulu yang banyak pilihan yakni regular(45 rb), silver(75 rb), gold(120 rb), platinum(150 rb), dan ultimate(225 rb).

apalagi dalam paket unlimited yang disediakan sekarang, untuk harga paket yang murah(45 rb) tidak bisa berlangganan harian dan mingguan seperti dahulu. Memang ada paket berdasarkan kuota akan tetapi saya kira malah boros sebab saya hampir setiap hari online.

Maksud dari tulisan ini bukannya saya ingin menjelek-jelekkan smartfren, akan tetapi hanya tulisan subyektif seorang pelanggan terhadap kekecewaannya. Saran bagi smartfren sebaiknya jangan sepihak menaikkan tarif, buatlah survey maupun promo secara besar terlebih dahulu terhadap pelanggan supaya dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan di kedua belah pihak. Saya rasa dengan cara seperti ini pelanggan akan merasa lebih dihargai sehingga mereka dapat lebih loyal bahkan bisa mendukung program-program dari smartfren itu sendiri.

Bisa dikatakan karena hal ini, saya sebagai pelanggan setia smartfren berpikir untuk pindah provider yang memang benar-benar bisa diandalkan dan memang hebat-hemat bukan ketika promosi saja.