Wednesday, May 11, 2011

Microsoft akan Beli Skype Lebih dari 7 Miliar Dollar AS



Microsoft dikabarkan akan membeli perusahaan telepon internet, Skype Technologies SA dengan harga di antara 7 hingga 8 Miliar Dollar Amerika Serikat. Hal ini merupakan langkah maju Microsoft untuk bertarung di dunia konvergensi komunikasi, informasi dan hiburan. Seperti diketahui bersama Microsoft telah berinvestasi secara serius di sisi pemasaran dan teknologi untuk search engine, Bing.

Pengumuman resmi belum ada, karena kedua pihak menolak berkomentar, seperti disebutkan oleh Wall Street Journal (WSJ), namun dikabarkan akan diumumkan pada Selasa, waktu Amerika Serikat. Meski demikian, sebuah situs telah mengkonfirmasi kabar ini.

Steve Balmer, Microsoft Chief Executive, mengatakan, seperti dikutip WSJ, bahwa internet sebagai kawasan berperang yang esensial bagi Microsoft. Microsoft masih memperoleh keuntungan dari penjualan paket sistem operasi Windows dan software Office.

Skype sendiri juga telah mengalami perjalanan yang cukup panjang. Skype didirikan oleh Niklas Zennstrom dan Janus Friis pada tahun 2003. Dua orang ini yang menciptakan teknologi berbagi file, Kazaa, yang akhirnya lebih dikenal dan diasosiasikan dengan pembajakan musik. Skype pada perkembangannya lantas menawarkan layanan telepon gratis dan murah yang akhirnya banyak menarik penelpon internasional untuk melakukan panggilan telepon jarak jauh misalnya telepon antar negara.

eBay pernah membeli Skype pada 2005, namun akhirnya menjualnya kembali tahun 2009. Microsoft, menurut WSJ, adalah pemilik ke-4 dalam waktu 8 tahun perjalanan Skype. Tahun 2010, Skype merugi 7 juta Dollar Amerika.

Skype menggunakan teknologi yang disebut VoIP (Voice over Internet Protocol) yang mengubah panggilan telepon sebagai data seperti pesan email dan menyalurkannya melalui jalur internet, bukan seperti panggilan telepon biasa yang melalui jaringan telepon tradisional. Software Skype digunakan di komputer untuk dapat melakukan panggilan telepon antara sesama pengguna Skype secara gratis, di komputer atau telepon tertentu.

Kita nantikan saja bersama apa langkah Microsoft selanjutnya setelah membeli Skype. Apakah akan dipadukan dengan sistem operasi Windows Phone 7 ataukah dalam bentuk lain misalnya dengan layanan search engine, Bing.

dikutip dari www.chip.co.id