Tuesday, June 7, 2011

Pilih BlackBerry atau Android ?

Sekarang lagi trend dikalangan masyarakat Indonesia tentang handphone Blackberry dan Android. BlackBerry yang keluar duluan di pasar smartphone Indonesia memang cukup booming di Indonesia akan tetapi keberadaannya sekarang mungkin hampir digeser oleh datangnya Android yang bisa dikatakan agak telat kehadirannya. Jika anda berencana membeli kedua HP ini dan bingung menentukan pilihan, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan kedua HP tersebut sebagai bahan referensi anda yang saya kutip dari berbagai sumber yang terpercaya.


BlackBerry

Kelebihan :
  • Keyboard yang nyaman
  • Fitur BlackBerry Messenger (BBM), kita bisa chatting, mengirimkan gambar, link website, dll dengan sesama pengguna BlackBerry kapanpun kita mau. Kelebihannya dibanding chatting biasa adalah kita akan mendapatkan notifikasi setiap ada pesan baru yang dikirimkan kepada kita walaupun kita sedang tidak menggunakan aplikasi BBM, atau dengan kata lain status kita selalu aktif. Walaupun handphone Android juga dapat melakukan hal yang serupa, misalnya dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger atau dengan menggunakan aplikasi chatting yang umum seperti Yahoo Messengger, namun banyak orang masih menganggap BlackBerry Messenger lebih nyaman untuk digunakan karena setiap pengguna BlackBerry secara otomatis sudah tertanam aplikasi BBM, dilain pihak, pengguna WhatsApp Mesengger belum terlalu banyak (saat ini).
  • Lampu LED untuk pemberitahuan email masuk.
  • Jika anda seorang pebisnis yang menginginkan informasi up to date dan akurat, BB bisa menjadi pilihan tepat untuk mendukung pekerjaan anda.
  • Walaupun dirasa tidak penting, "gengsi" BlackBerry lebih tinggi dibanding Android.
Kekurangan :
  • Harga yang cukup mahal. Dengan harga cukup mahal spesifikasi dalam BlackBerry dirasa tidak sebanding dengan fitur-fitur yang tertanam didalamnya. Sebagai contoh, BlackBerry Gemini dengan harga dua jutaan rupiah belum memiliki konektivitas sekelas 3G, tanpa dukungan GPS dan kamera hanya mengusung 2MP tanpa flash.
  • Untuk mendapatkan semua kelebihan BlackBerry anda diharuskan untuk berlangganan BlackBerry Internet Service (BIS) yang cukup mahal karena jika anda tidak berlangganan BB anda tidak ada bedanya dengan HP seharga 500 ribuan yang hanya bisa untuk telpon, sms, memutar musik dan sejenisnya.
  • Browser internet. Jika anda tidak suka dengan browser bawaan BB anda memang bisa menginstal browser lain akan tetapi anda akan dikenakan biaya tambahan ketika menggunakan aplikasi instalan anda disamping biaya BIS.
  • Teknologi dan fitur BB lambat sekali dalam hal update karena hanya dibuat oleh satu produsen yaitu RIM.


Android

Kelebihan :
  • Android tidak hanya dibuat oleh satu produsen, anda dapat menemukannya dalam berbagai merk dan bentuk yang lebih bervariasi sehingga banyak pilihannya.
  • Aplikasi dan games yang banyak serta gratis untuk didownload maupun dimainkan.
  • Accelerometer sensor. Dengan accelerometer sensor, layar handphone Android anda akan berubah tampilan secara otomatis ketika anda memposisikan handphone dari keadaan horizontal ke posisi vertikal atau sebaliknya. Accelerometer sensor juga dapat berguna untuk mengontrol game. Sebagai contoh, anda dapat memiringkan handphone ke kiri dan ke kanan untuk mengendalikan kendaraan pada saat anda memainkan game balap mobil. Jika anda memiringkan handphone sedikit, maka mobil akan berbelok sedikit, bila memiringkan banyak, maka mobil akan berbelok banyak juga, sudah seperti ketika anda sedang memutar kemudi mobil sungguhan.
  • Kebebasan kustomisasi. Handphone Android memiliki tampilan antar muka (interface) yang menarik dan anda dapat bebas untuk merubah tampilan handphone Android anda. Anda dapat menempatkan widget Facebook atau Twitter di halaman muka handphone anda yang menunjukkan update status terbaru dari teman-teman anda. Atau anda dapat mengatur halaman muka untuk menampilkan prakiraan cuaca hari ini, notes, cuplikan berita terbaru atau sekedar foto orang tersayang, dll. Bahkan anda dapat dengan mudah mengubah ikon, tampilan menu, themes, dll dengan menginstall aplikasi tambahan yang dapat diunduh secara gratis dari Google Market. Dengan kata lain, anda tidak akan merasa bosan dengan tampilan menu handphone anda.
  • Integrasi dengan produk Google. Saat pertama kali menggunakan handphone Android, anda akan diminta untuk sign in atau log in menggunakan Google Account anda. Bila tidak memilikinya, anda dapat mendaftar dengan gratis. Keuntungan HP Android adalah anda akan selalu terintegrasi dengan produk Google, sebagai contoh, daftar telepon dan jadwal kalender anda akan tersinkronisasi dengan Google Account, sehingga jika anda mengganti handphone anda, selama handphone baru anda menggunakan sistem operasi Android, anda dapat melakukan import data-data nomor telepon dan jadwal kalender ke handphone baru anda tanpa kesulitan.
  • Mendukung push email untuk Gmail dan Yahoo mail. Email yang masuk akan langsung diteruskan ke handphone dan anda akan mendapat notifikasi seketika saat ada email masuk dan dapat langsung membacanya serta mengunduh lampiran bila ada, sama seperti jika anda menerima SMS.
  • Pilihan browser internet yang beragam. Jika anda tidak suka dengan browser bawaan HP Android, anda dapat dengan mudah mengunduh browser lain. Pilihannya-pun cukup banyak, diantaranya Opera mobile/mini, xScope, Dolphin, UC Browser, Skyfire yang dapat menampilkan tampilan seperti browser di komputer dan beberapa browser lainnya.
Kekurangan :
  • Boros baterai dan juga pemakaian data internet. masalah ini disebabkan Android selalu terhubung dengan internet maupun google server jadi agak boros pemakaian internet, namun bila anda tidak terlalu membutuhkannya, anda dapat saja tidak berlangganan paket data unlimited dan hanya menggunakan koneksi internet saat dibutuhkan saja, sangat mudah dan tidak perlu registrasi.dan juga Android memiliki spesifikasi yang lumayan tinggi jadi wajar saja kalau boros baterai.
  • Pada kondisi sinyal lemah, notifikasi layanan “push” misalnya push email atau notifikasi pesan instan seperti YM, Gtalk, dll terkadang akan mengalami penundaan beberapa saat. Hal ini tidak terjadi bila kondisi sinyal dalam kondisi baik atau sinyal full.
Dari bahasan diatas dapat dikatakan memang Android lebih unggul dibandingkan BlackBerry, baik dari segi harga, pilihan, fitur maupun kustomisasi. Akan tetapi BlackBerry yang lebih unggul dalam hal "start" sehingga hampir digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, akan sulit pastinya keberadaannya digeser oleh Android yang memiliki "gengsi" dibawah Blackberry.  Jadi pilihan ada di tangan anda, mau pilih BlackBerry atau Android ?

NB : silahkan tinggalkan saran, komentar maupun kritik anda di bawah jika ada yang ingin diutarakan.