Tuesday, September 27, 2011

Mengenal Perbedaan CD/DVD -R +R RW

Mungkin banyak yang belum mengetahui mengenai perbedaan ketika kita membeli sebuah CD/DVD blank untuk memburning suatu file, terkadang di cover CD/DVD blank tertulis sebuah tulisan misalnya CD/DVD -R + R atau RW. Bagi yang masih bingung berikut penjelasannya :


  • R : tanda ‘R’ sendiri merupakan singkatan dari Recordable. Disini disk dapat digunakan untuk menyimpan data dan sebaliknya jika tidak ada tanda R, maka tidak bisa menyimpan.
  • -R : Tanda Minus baik CD/DVD merupakan single session disk (Semua file di dalam disk ditambahkan dalam satu kali operasi). Artinya kita tidak dapat menambahkan data lain jika sudah di gunakan, meskipun masih ada sisa penyimpanan. Kadang ada media yang bisa melakukan penyimpanan Multi session (beberapa Session ada di dalam disk) di disk jenis -R ini, tetapi hasilnya tidak semua media mampu membacanya, kadang hanya session pertama yang terbaca atau tidak ada sama sekali.
  • +R : Tanda Plus ditujukan untuk Multisession, artinya kita dapat menggunakan space kosong yang masih tersedia di disk. Setiap session baru dapat ditambahkan di session yang sudah ada atau membuat session baru. Sebagai bonus, ketika session baru disimpan, dapat memerintahkan untuk “menghapus” session yang lama. Hapus ini maksudnya memerintahkan media player untuk mengabaikan isi datanya.
  • RW : merupakan singkatan dari ReWritable, artinya disk ini menggunakan material khusus sehingga datanya dapat dihapus kemudian digunakan untuk menyimpan data baru atau dapat juga di tumpuk dengan data lain. Ada batasan tertentu seberapa banyak (kali) penghapusan data bisa dilakukan.

Jadi sekarang anda dapat membeli CD/DVD blank sesuai kebutuhan, akan tetapi saya sarankan membeli tipe +R atau RW karena kita bisa menambah/menghapus data yang ada, misalnya salah/kurang dalam proses burning sehingga tidak perlu repot membeli lagi, tinggal menambah/menghapus dengan software semacam Nero maupun Ashampoo Burning Studio.

sumber www.ebsoft.web.id dengan sedikit perubahan.