Saturday, November 26, 2011

Hati-Hati Dengan Antivirus Palsu

Beberapa hari yang lalu ketika saya mendownload sebuah file, tanpa sengaja menginstal sebuah aplikasi yang merupakan antivirus (maaf lupa nama antivirusnya), ketika saya buka tiba-tiba saja antivirus ini melakukan scanning dan betapa terkejutnya karena hasilnya komputer saya dapat dikatakan dalam kondisi "Bahaya" dengan banyaknya trojan yang ada.

Merasa belum puas akhirnya saya scan lagi menggunakan Avira dan setelah selesai hasilnya baik-baik saja, karena bingung akhirnya saya coba remove antivirus yang tadi tidak sengaja terinstal akan tetapi tidak bisa sebab tidak ada fitur remove maupun uninstal. Begitu juga menggunakan CCleaner hasilnya nihil.


Akhirnya saya coba googling dan ternyata akibat antivirus palsu. Ketika membaca dampak dari terpasangnya antivirus palsu, berbagai efek merugikan bisa kita alami, mulai dari sering muncul pesan untuk melakukan scan, berbagai fitur windows yang tidak bisa digunakan, sampai resiko pencurian data yang ada di komputer. Parahnya lagi untuk menghilangkan virus tersebut, biasanya kita harus membeli lisensi atau membayar sejumlah uang untuk antivirus palsu tersebut. 

Untunglah saya mendapat cara untuk menghilangkannya, yakni menggunakan sebuah software portable yang bernama Remove Fake Antivirus. Mempunyai fitur utama mengecek dan menghapus antivirus palsu. Bagi kalian yang tertarik langsung saja mencobanya.