Sunday, November 20, 2011

Main Battlefield 3 dengan Spesifikasi PC/Laptop Standar

Salah satu game akhir tahun yang paling banyak ditunggu para penggemar game, salah satunya saya yaitu game Battlefield 3. Akan tetapi sayang ketika saya membaca di situs resminya EA selaku pengembang game bahwa spesifikasi PC/laptop yang dianjurkan untuk memainkan game ini supaya lancar adalah sebagai berikut :


Recommended system requirements for Battlefield 3
  • OS: Windows 7 64-bit
  • Prosesor: Quad-core Intel or AMD CPU
  • RAM: 4GB
  • Graphics card: DirectX 11 Nvidia or AMD ATI card, GeForce GTX 460, Radeon Radeon HD 6850
  • Graphics card memory: 1 GB
  • Hard drive: 15 GB for disc version or 10 GB for digital version
Sungguh game yang benar-benar butuh spesifikasi tingkat dewa menurut saya, bagi yang mungkin punya uang maka upgrade hardware menjadi salah satu hal yang mudah dan tidak berat agar bisa memainkan game ini, akan tetapi bagaimana jika memang belum punya biaya untuk upgrade dan sangat ingin memainkan game Battlefield 3 seperti saya, berikut tips yang saya gunakan dan bisa anda coba.

Sebelum memulai berikut Spesifikasi PC milik saya :
  • OS : Windows 7 Ultimate 32-bit
  • Prosesor: AMD Athlon II X2 2,9 GHZ
  • RAM: 4GB
  • Graphics card: DirectX 11 Radeon HD 4650
  • Graphics card memory: 1 GB
Berikut tips yang bisa anda gunakan :
  1. Battlefield 3 hanya support untuk windows vista & 7, jadi bagi anda pengguna XP saya sarankan mengganti OS terlebih dahulu akan tetapi saya sarankan memakai 7 karena lebih stabil dan tidak boros memory.
  2. update driver vga, pastinya meningkatkan performa karena ada fitur-fitur lebih yang bisa dimanfaatkan dengan mengupgrade driver sehingga kinerja dapat lebih maksimal.
  3. Matikan dahulu program yang sedang berjalan sehingga dapat memaksimalkan kinerja RAM, atau gunakan software seperti game booster sebelum memulai game.
  4. Mainkan game dengan pengaturan "LOW" dan lebih baik lagi jika resolusi dalam game diturunkan menjadi 1280 x 768 atau 1024 x 768.
  5. Overclock (OC) VGA & RAM agar lebih optimal, akan tetapi jangan sembarangan OC karena bisa malah lemot dan game menjadi error.
Itulah cara yang saya gunakan, dan berhasil main game Battlefield 3, hanya pas awal-awal saja agak tersendat-sendat setelah itu game dapat berjalan lancar. Bagi kalian yang masih punya tips lain silahkan sharing dibawah ini dan semoga tips ini bermanfaat.