Wednesday, May 5, 2010

Proses Kreatif Pembuatan Iklan

IKLAN KREATIF, UNIK DAN MENGHIBUR

Sekarang ini adalah jaman yang semakin kompetitif. Sebuah produk/jasa rasanya akan sulit untuk bisa sukses di pasaran tanpa adanya iklan/advertising/promosi yang efektif. Saya bukan ahli pemasaran atau pakar periklanan, tapi menurut saya iklan yang kreatif adalah iklan yang unik dan efektif, sehingga nama produk yang diiklankan secara langsung ataupun tak langsung jadi mudah diingat dan lebih menempel di benak orang yang melihat iklan tersebut.

Mungkin sebagian dari kita selama ini merasa bosan bila melihat bentuk atau tampilan produk iklan yang begitu-begitu saja dalam arti iklan tersebut hanya menonjolkan produk dengan jargon-jargon tertentu. Kata kreatif merupakan kata yang sangat umum digunakan dalam dunia iklan.

Berbagai kreatifitas ide dipacu untuk menghasilkan sebuah iklan yang
bermutu. Dari sisi produsen mutu disini memang tidak jauh-jauh dari yang
namanya tingkat penjualan. Bagi konsumen, mutu disini merupakan hal yang
membuat mereka tanpa merasa dipaksa menjadi korban iklan.

unsur-unsur yang sangat penting dalam periklanan (menurut Rhenald kasali,manajemen periklanan tahun 1995) yaitu :

1. Attention (perhatian).
Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian khalayak umum.

2. Interest (minat)
Setelah mendapat perhatian maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3. Desire (keinginan)
Suatu cara untuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.

4. Conviction (rasa percaya)
Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

5. Action (tindakan)
Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Dikutip dari berbagai sumber.