Monday, May 2, 2011

Manfaat System Restore Windows


Mungkin sebagian besar dari anda belum mengetahui manfaat dari System Restore pada Operating System Windows, System Restore Point adalah salah satu fitur windows yang berfungsi untuk mengembalikan atau membatalkan perubahan yang terjadi pada sistem komputer anda karena kesalahan yang dibuat oleh kita, virus, ataupun yang lainnya. Cara kerjanya yaitu dengan mengambil semacam snapshot dari sistem file dan registry secara berkala yang kemudian snapshot itu disimpan sebagai system restore point (SRP).

Contohnya kemarin saya menginstall suatu software akan tetapi ternyata software itu terkena virus dan membuat komputer saya hang, maka saya tinggal memanggil restore point yang telah buat, untuk mengembalikan keadaan registry dan konfigurasi Windows yang lainnya seperti sedia kala seperti sebelum aplikasi ‘bermasalah’ tadi terinstal.

Sebelum menggunakannya tentu kita harus membuat restore point terlebih dahulu, berikut tutorial membuat & menggunakannya :

Membuat Restore Point Untuk Windows XP
1. Klik start menu > All Programs > Accessories > System Tools > lalu pilih System Restore. Akan ada tampilan seperti berikut :

2. Set pada “Create a restore point” dan klik “Next”. Pada tampilan berikutnya, anda akan diminta untuk mengetikkan nama lalu tekan "create", selesai.

Membuat Restore Point Untuk Windows Vista & 7
1. Klik tombol start, kemudian ketikkan “restore”, klik pada tulisan “Create a restore point”.
2. Klik tombol “Create” dan anda akan mendapati jendela untuk memilih SRP baru.
3. Beri nama pada Restore Point yang diinginkan lalu klik "create" dan selesai.


Cara Menggunakan Restore Point Untuk Mengembalikan System :
Pada Windows XP
1. Masuk ke menu System Restore seperti langkah diatas, lalu pilih opsi restore my computer to an earlier time, lalu tekan next.
2. pada jendela berikutnya anda dapat memilih restore point yang telah anda buat, atau anda dapat memilih titik restore pada tanggal yang anda inginkan, biasanya pada tanggal yang terdapat restore point-nya tanggal tersebut akan dicetak tebal (bold). Seperti tampilan dibawah ini :

3. Jika anda sudah memilih tanggal restore, kemudian klik next utnuk mulai me-recovery. Anda akan mendapati beberapa info dan pada tahap akhir, klik “Next”. Jika selsesai komputer akan restart dengan otomatis dan selamat komputer anda sudah bisa digunakan lagi.

Untuk Windows Vista & 7
1. Klik tombol start dan ketik “restore”. Klik pada tulisan "Restore your computer to an earlier time”.
2. Anda akan mendapatkan jendela baru yang memungkinkan anda memulai System Restore. Kemudian Anda akan dapat memilih SRP untuk dikembalikan ke kondisi semula.
3. Setelah anda memilihkan, klik tombol “Next” dan klik tombol “Finish” untuk mengkonformasikannya. Komputer anda akan reboot dan semuanya akan kembali berjalan dengan lancar.

Sumber www.empatlimacommunity.blogspot.com